Klenteng Tanjung Kait | Buku Catatan si Ugi

Klenteng Tanjung Kait adalah salah satu obyek wisata sejarah yang terletak di Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten. Klenteng yang dibangun pada tahun 1792 M ini juga disebut sebagai Klenteng Tjoe Soe Kong. Menurut masyarakat setempat, sejak tahun 1960 M banyak orang yang datang untuk sembahyang dan berdoa ke kelenteng ini, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Selain sebagai tempat sembahyang dan berdoa, klenteng ini juga dipercaya sebagai tempat yang tepat untuk meramal nasib.
Pada zaman dulu, klenteng ini merupakan tempat berlindung masyarakat Banten ketika terjadi bencana letusan Gunung Krakatau yang menimbulkan gelombang tsunami. Walaupun tidak jauh dari bibir pantai, klenteng ini terhindar dari terjangan gelombang tsunami itu.
Karena sebagai tempat berlindung itulah, maka masyarakat Banten mengenang peristiwa itu dengan menetapkannya sebagai klenteng yang bersejarah. Oleh Pemerintah Propinsi Banten, klenteng ini ditetapkan sebagai cagar budaya yang harus dijaga dan dilindungi keberadaannya.

Klenteng Tanjung Kait terletak di Dusun Tanjung Anom, Desa Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten, Indonesia.
Untuk menuju lokasi klenteng ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana angkutan umum. Bagi pengunjung yang menggunakan sarana angkutan umum, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Serang. Dari Terminal Serang, pengunjung dapat naik bus jurusan Merak-Kalideres kemudian turun di Terminal Kalideres. Dari Terminal Kalideres, perjalanan dilanjutkan dengan bus jurusan Tangerang-Kota Bumi dan turun di depan kompleks pemerintahan Kota Tangerang. Dari depan kompleks tersebut, pengunjung dapat naik taksi, mobil sewaan, atau angkutan kota untuk sampai di lokasi.




0 komentar:

Post a Comment



Catatan :

Untuk menyisipkan gambar kedalam komentar, gunakan tag : [img]URL_Gambar[/img]
atau <i rel="image">URL_Gambar</i>
Untuk Video Youtube : [youtube]URL_Video[/youtube]
atau <i rel="youtube">URL_Video</i>
Untuk "Kutipan", gunakan : [blockquote]Kutipan_Anda[/blockquote]
atau <b rel="quote">Kutipan_Anda</b>
Untuk menyisipkan Kode: [code]KODE[/code]
atau <i rel="code">KODE</i>
atau <i rel="pre">KODE</i>
Dan untuk menyisipkan smiles/ emoticon, lihat kode Emoticon







 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan