Tangerang Dalam Catatan Sejarah | Buku Catatan si Ugi

.:Masa Perjuangan Kemerdekaan


Pada Oktober 1945, Laskar Hitam, milisi muslim ekstrim didirikan di Tangerang. tujuan dari gerakan ini adalah untuk mendirikan negara Islam di Indonesia. Gerakan ini kemudian menjadi bagian kelompok pemberontak DI/TII . Pada 31 Oktober 1945, Laskar Hitam menculik Oto Iskandardinata , Menteri Negara Republik Indonesia. Kemungkinan dibunuh di pantai Mauk, Tangerang pada 20 Desember 1945.
Setelah deklarasi kemerdekaan Indonesia , ada kerusuhan ras di Tangerang. Kelompok anti etnis Tionghoa menyerang etnis Tionghoa di Tangerang karena mereka menganggap bahwa etnis Tionghoa mendukung pemerintah Belanda yang mencoba untuk kembali menguasai Indonesia.



.:Paska Kemerdekaan




Sejak tahun 1981 hingga 1984, Bandara Internasional Soekarno- Hatta dibangun di Benda , Tangerang. Bandara terletak di Tangerang, namun disebut sebagai Bandara Soekarno-Hatta , Cengkareng , Jakarta . Cengkareng adalah nama sub-distrik di Jakarta Barat yang berdekatan dengan bandara.
Pada Agustus 1996, walmart, pengecer terbesar dari Amerika Serikat membuka cabang pertamanya di Indonesia di Lippo Karawaci , Tangerang. Sayangnya, cabang tersebut dijarah dan dibakar pada kerusuhan Mei 1998. Walmart menghentikan investasi mereka di Indonesia setelah kerusuhan.




 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan