Mengembalikan File/ Data yang Terhapus atau Hilang | Buku Catatan si Ugi

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan File penting yang tanpa tidak sengaja terhapus, seperti folder, dokumen, foto, video, Game atau Data penting lainnya? Atau anda pernah mengalami Data dari Hardisk Internal maupun Extenal korup, rusak atau hilang akibat di Format atau tanpa sengaja terformat?

Mengembalikan File/ Data yang Terhapus atau Hilang

Lantas bagaimana untuk memulihkan File atau Data penting yang hilang tersebut? Ada banyak software pihak ketiga yang menawarkan untuk mengatasi kasus tersebut, seperti misalnya EaseUS Data Recovery, MiniTool Power Data Recovery, AOMEI, Ontrack EasyRecovery dll.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan memulihkan Data yang hilang dengan menggunakan Ontrack EasyRecovery yang memungkinkan untuk memulihkan File penting secara instan. Sebagai langkah awal, Download Ontrack EasyRecovery kemudian Install pada Komputer.

Untuk menginstal Ontrack EasyRecovery sama seperti untuk menginstal Software atau Aplikasi pada umumnya dan perlu di ingat agar Ontrack EasyRecovery menjadi Full versi, copy OntrackEasyRecoveryforWindows.exe dalam "Folder Crack" kedalam folder Ontrack EasyRecovery terinstal.
Contoh: C:\Program Files(x86)\Ontrack\EasyRecovery\OntrackEasyRecoveryforWindows.exe


Memulihkan File/ Data Terhapus atau Hilang

1. Buka dan jalankan Ontrack EasyRecovery.

Disini anda dapat menentukan dengan memberikan cek list pada file/ data yang akan di pulihkan, jika anda ingin memulihkan file/ data seperti Video, cek list pada Video. Atau jika anda ingin memulihkan semua Data, pilih "Everything" dengan mencentang pada "All Data".

Mengapa saya memilih untuk memulihkan semua Data, karena disini saya akan memulihkan File/ Data Game Xbox 360 yang terkadang saya tidak mengerti format atau ekstensi apa yang digunakan pada file fle Game tersebut, jadi untuk menghindari kehilangan data, agar Game dapat dijalan dengan normal, maka saya memilih untuk memulihkan semua data dengan mencentang "All Data", kemudian tekan "Next" untuk melanjutkan.



2. Tentukan dari lokasi mana anda akan memulihkan file/ data. Jika hilangnya data karena diakibat kehilangan Partisi, sehingga Drive tidak dapat ditampilkan pada File Explorer, jadi anda harus memilih "Other Locations" dengan mencentang pada "Can't Fine Drive", kemudian tekan "Scan" untuk memulai.



3. Disini beberapa hard drive yang terpasang dalam komputer akan ditampilkan, termasuk hard drive yang sudah kehilangan Partisi. Pilih "Search" untuk memulai mencari partisi.



- Proses pencarian Partisi yang akan dilakukan sistem sebelum melakukan pencarian Data.



4. Jika File/ Data yang hilang disebabkan karena terhapus, di hapus, terformat atau di Format, jadi anda bisa memilih "Connected Drives" dengan mencentang pada "Drive" yang akan di pulihkan, seperti misalnya "Drive (F:)", pilih "Scan" untuk melanjutkan.



- Proses pencarian Data yang akan dipulihkan.



- Proses pencarian Data selesai, disini terlihat beberapa informasi dari jumlah file dan beberapa jumlah Folder yang dapat dipulihkan. Klik "OK" untuk meneruskan ketahap berikutnya.



5. Dan ternyata, Data Game Xbox 360 yang akan di pulihkan tidak ditemukan. jadi anda harus melakukan penelusuran Data lebih dalam lagi dengan memilih "Deep Scan Click here".



- Mengulang Proses pencarian Data yang akan dipulihkan.



- Dalam proses pencarian data, beberapa File dan Folder mulai ditemukan.



- Proses pencarian Data selesai, disini beberapa informasi dari jumlah file dan Folder yang dapat dipulihkan terlihat lebih banyak dari proses sebelumnya. Klik "OK" untuk meneruskan ketahap berikutnya.



6. Disini anda akan melihat lebih banyak file dan folder, termasuk Data Game Xbox 360 yang hilang karena terformat dan untuk melanjutkan tekan "Recover". Pada tahap ini anda dapat menentukan sendiri file atau folder mana saja yang akan dipulihkan, dengan mencentang pada file atau folder yang akan dipulihkan, atau jika anda ingin memulihkan semua Data, maka anda perlu mencetang seluruh file/ Folder yang akan dipulihkan.



7. Tentukan destinasi atau tujuan dimana Data anda akan tersimpan.



- Proses pemulihan dan penyimpanan Data. Selesai, semoga bermanfat!



Lihat juga: Cara memulihkan File/ Data yang di sebabkan karena hilangnya Partisi (Lost Partition) Pada Hardisk




0 komentar:

Post a Comment



Catatan :

Untuk menyisipkan gambar kedalam komentar, gunakan tag : [img]URL_Gambar[/img]
atau <i rel="image">URL_Gambar</i>
Untuk Video Youtube : [youtube]URL_Video[/youtube]
atau <i rel="youtube">URL_Video</i>
Untuk "Kutipan", gunakan : [blockquote]Kutipan_Anda[/blockquote]
atau <b rel="quote">Kutipan_Anda</b>
Untuk menyisipkan Kode: [code]KODE[/code]
atau <i rel="code">KODE</i>
atau <i rel="pre">KODE</i>
Dan untuk menyisipkan smiles/ emoticon, lihat kode Emoticon







 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan