Menampilkan User Online Hotspot Mikrotik | Buku Catatan si Ugi

Menampilkan User Online Hotspot Mikrotik - Metode ini memungkinkan Anda dapat menampilkan informasi jumlah pengguna yang sedang aktif/ login di jaringan Hotspot Mikrotik dan biasanya ditampilkan pada Halaman Login Hotspot Mikrotik.

Menampilkan User Online Hotspot Mikrotik

Untuk menampilkan Informasi User Online pada Halaman Login Hotspot Mikrotik, atau menampilkan Informasi jumlah pengguna yang sedang aktif/ login di jaringan Hotspot Mikrotik, dapat mengikuti tutorial berikut ini.

Membuat File kosong berekstensi .html atau .js

1. Buat sebuah File kosong ber-ekstensi .html atau .js dengan nama bebas, (contoh: on-line.html).
2. Upload on-line.html ke dalam root directory/ server mikrotik, tentukan lokasi direktori/ folder yang digunakan untuk menyimpan File tersebut, (contoh: ../hotspot/on-line.html).



Catatan:
Untuk metode Trasfer File/ berkas dari PC ke Mikrotik, seperti mengupload atau copy File, bisa dilihat pada Akses File MikroTik Melalui WinBox atau Akses File Mikrotik Melalui FTP.


Membuat Script

1. Buat sebuah Script sebagai sumber perintah untuk menghitung jumlah user aktif yang akan otomatis di print/ di cetak kedalam file on-line.html pada saat dijalankan nanti.

Kode Script


/ip hotspot active
:global member;
:global free;
:set member ([print from=[/ip hotspot active find login-by=http-chap] count-only])
:set free ([print from=[/ip hotspot active find login-by=trial] count-only])
/file set hotspot/on-line.html contents= \
"<html><head><style>body{background:transparent;color:green;font-size:13px;top:0;margin:0;}</style></head><body>User Online = $member  | User Gratis = $free  </body></html>"
}

2. Masukan Kode Script tersebut diatas ke Script Source, dengan cara buka dan Masuk ke WinBox, pada interface menu sebelah kiri pilih: System > Script > Script > Add New Script



3. Pada New Script, masukan Kode script ke dalam form Source code, dan berikan Nama apapun, bebas (contoh: online-user), kemudian klik Ok jika sudah selesai.



Catatan:
Nama script tersebut diatas (yaitu: online-user) nanti akan di gunakan/ di masukan ke "On Event" di Scheduler.


Membuat Scheduler

Untuk langkah selanjutnya adalah membuat sebuah Scheduler, dimana schaduler ini nanti akan berjalan otomatis untuk mengeksekusi Script yang sudah dibuat sebelumnya, sesuai dengan jadwal dan interval waktu yang sudah ditentukan.

1. Buka dan Masuk ke WinBox.
2. Pada interface menu sebelah kiri pilih: System > Scheduler > Add New Schedule



3. Pada New Schedule, silahkan konfigurasikan sesuai kebutuhan, seperti Nama Schaduler, Tanggal Mulai, Jam Mulai dan Interval Waktu pengulangan, sedangkan pada On Event, isi dengan Nama Script yang sudah dibuat sebelumnya (yaitu: online-user).



4. Pada On Event, selain cukup mengisi dengan Nama Script saja (yaitu: online-user), dapat juga dengan memasukan sumber script langsung kedalamnya, jadi anda tidak memerlukan lagi untuk membuat Script baru seperti pada tahap sebelumnya.



Langkah terakhir adalah membuat Syntax untuk memanggil dan menampilkan User Online pada halaman hotspot, Anda dapat menampilkan informasi user online tersebut dimanapun, seperti misalnya pada Halaman login, halaman status atau mungkin anda ingin membuat sendiri halaman khusus untuk menampilkan user online saja.



Berikut ini syntax yang dapat digunakan, Anda cukup menulis dan menempatkan alamat/ lokasi File on-line.htm yang sudah tersimpan dalam server mikrotik, kedalam tag <iframe> atau <object> sebagai Tag yang akan membungkusnya.

Sesuaikan juga lokasi direktori/ folder yang digunakan untuk menyimpan File tersebut, jadi jika menyimpan file on-line.htm di dalam folder hotspot, maka strukturnya akan seperti ini: ../hotspot/on-line.html.

Contoh Syntax:
Mengunakan Tag <iframe>
<iframe src="/hotspot/on-line.html" width="200" height="20"></iframe>

Mengunakan Tag <object>
<object data="/hotspot/on-line.html" width="200" height="20"></object>

Jika Semua tahap diatas sudah dilakukan, sisipkan syntax tersebut di atas ke dalam login.html Template login Hotspot yang akan digunakan untuk menampilkan Informasi User Online di jaringan Hotspot Anda.



Demikian, mungkin itu saja yang dapat saya share pada kesempatan kali ini, yaitu sebuah metode untuk Menampilkan User Online pada Halaman Login Hotspot Mikrotik atau cara untuk menampilkan informasi jumlah pengguna yang sedang aktif/ login di jaringan Hotspot Mikrotik.




0 komentar:

Post a Comment



Catatan :

Untuk menyisipkan gambar kedalam komentar, gunakan tag : [img]URL_Gambar[/img]
atau <i rel="image">URL_Gambar</i>
Untuk Video Youtube : [youtube]URL_Video[/youtube]
atau <i rel="youtube">URL_Video</i>
Untuk "Kutipan", gunakan : [blockquote]Kutipan_Anda[/blockquote]
atau <b rel="quote">Kutipan_Anda</b>
Untuk menyisipkan Kode: [code]KODE[/code]
atau <i rel="code">KODE</i>
atau <i rel="pre">KODE</i>
Dan untuk menyisipkan smiles/ emoticon, lihat kode Emoticon







 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan