Form Registrasi Member Hotspot Mikrotik Menggunakan Userman | Buku Catatan si Ugi

Form Registrasi Member Hotspot Mikrotik Menggunakan Userman - Form (Formulir) Registrasi ini digunakan untuk memudahkan Admin dalam mengelola user, baik user yang akan mendaftar untuk berlangganan tetap, maupun user yang hanya akan membeli paket-paket Internet yang sudah disediakan.

Form Registrasi Member Hotspot Mikrotik Menggunakan Userman

Dengan Form Registrasi ini User dapat menentukan sendiri Username, Password maupun Paket Internet yang diinginkan. Sedangkan untuk Admin hanya tinggal mengaktifkan saja semua reques User dan tidak perlu lagi untuk mencatat atau mengisi Data User yang akan berlangganan maupun membeli paket, karena semua data pelanggan akan otomatis masuk pada data-base sesuai dengan data yang sudah diisikan dalam Form Registrasi.

Contoh halaman Registrasi Hotspot,


Untuk mengakses halaman Registrasi dapat menggunakan alamat: http://IP_router/user/signup. Alamat tersebut dapat diletakan pada halaman Login atau sesudah Login hotspot, baik dalam bentuk Link atau Button yang sudah diarahkan pada alamat tersebut dan dapat diakses oleh semua pengguna.

Agar Link atau Button dapat diakses sebelum Login, dapat dilakukan dengan membypass alamat situs tersebut, baik dengan menggunakan Walled Garden, Walled Garden IP List maupun fitur lainnya yang dapat digunakan untuk membypass sebuah situs tanpa harus melakukan Login Autentikasi terlebih dahulu.



Saat pengguna melakukan pendaftaran dengan mengisi form kosong yang sudah disediakan, calon pelanggan dapat menentukan sendiri Username dan Password yang diinginkan dan nanti Username maupun Password tersebut dapat digunakan untuk Login di Halaman Login Hotspot.



Untuk memilih paket Internet, pengguna dapat melihat dan memilih paket-paket yang diinginkan sesuai dengan ketersedian paket-paket yang ada pada bagian bawah form Registrasi. Paket-paket tersebut juga dapat dilihat pada Billing/ Radius User Manager (Userman) yang sebelumnya sudah ditentukan dan dibuat oleh Admin.



Ketika pengguna selesai melakukan pendaftaran, maka semua data user yang sudah diisikan pada form Registrasi akan otomatis masuk kedalam data_base dan dapat dilihat pada Billing/ Radius Userman dibagian Users.



Fitur Registrasi ini dapat di aktifkan melalui Billing/ Radius User Manager (Userman). Untuk mengakses fitur tersebut, dapat dilakukan dengan cara masuk pada Browser dengan alamat: http://IP_router/userman. Pada bagian sisi kiri masuk pada "Settings" kemudian pilih tab "Signup" lalu Ceck List "SignUp Allowed" dan pilih "Save".



Pastikan juga "Signup allowed" sudah tercek list pada bagian "Customer Details" dibagian "Customers".



Untuk metode pembayaran, disini hanya tersedia 2 macam cara, yaitu dengan menggunakan "PayPal" dan "Authorize.Net", silahkan cek list "Enabled" pada metode pembayaran yang diinginkan.



Untuk usaha skala kecil seperti Hotspot RT-RW NET dikampung kampung, kedua metode pembayaran tersebut mungkin tidak cocok jika diimplementasikan menjadi system pembayaran mereka. Jangankan untuk memiliki Rekening Bank yang bersifat Virtual seperti PayPal, untuk memiliki Rekening yang sifatnya Fisik saja mereka masih merasa kesulitan dan perlu sosialisansi untuk memperkenalkannya.



Dengan demikian, maka sebagai administrator dapat memilih dan mengunakan metode lainnya untuk menentukan System pembayaran mereka, seperti misalnya transfer Bank melalui SMS Banking, Trasfer Pulsa (pengganti pembayaran) atau pengguna bisa datang langsug ketempat penyedia layanan atau tempat lainnya yang sudah dipercayakan sebagai tempat penjualan paket Internet atau Vocher.

Dan bagi pengguna yang tidak sempat atau tidak punya waktu untuk mengunjungi tempat-tempat untuk melakukan pembayaran, pengguna dapat menitipkan sama anak tetangga disekitar tempat tinggalnya. Semoga bermanfaat!!!




5 komentar:

  1. wah keren banget min.. tutorial nya ... lengkap kan ini min bisa di ikuti ya.. ga ada yg kelewat tutorial nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, Insya Allah tidak ada yang terlewatkan,,

      Delete
  2. boleh minta sourcecodenya ndak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. form registrasi biasanya akan otomatis terbentuk jika signup diaktifkan. Berikut ini berkas Form Registrasi yang saya salin dari mikrotik yang saya gunakan DISINI.

      Delete
  3. min, kalau masukkan parameter lain seperti Comment atau first name caranya gmn ya min

    ReplyDelete


Catatan :

Untuk menyisipkan gambar kedalam komentar, gunakan tag : [img]URL_Gambar[/img]
atau <i rel="image">URL_Gambar</i>
Untuk Video Youtube : [youtube]URL_Video[/youtube]
atau <i rel="youtube">URL_Video</i>
Untuk "Kutipan", gunakan : [blockquote]Kutipan_Anda[/blockquote]
atau <b rel="quote">Kutipan_Anda</b>
Untuk menyisipkan Kode: [code]KODE[/code]
atau <i rel="code">KODE</i>
atau <i rel="pre">KODE</i>
Dan untuk menyisipkan smiles/ emoticon, lihat kode Emoticon







 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan