Mengarahkan User Expired Hotspot ke Halaman Informasi Pemblokiran | Buku Catatan si Ugi

Redirect User Expired Hotspot Mikrotik - Mengarahkan Pengguna Hotspot Kadaluarsa ke Halaman Informasi Pemblokiran. Untuk mengalihkan pengguna hotspot ke halaman informasi pemblokiran saat akun mereka telah expired/ kadaluarsa, dapat juga dilakukan secara otomatis dan tidak perlu melacak satu persatu akun siapa saja yang sudah kedaluarsa.

Redirect User Expired Hotspot Mikrotik

Jadi saat pengguna yang akunnya telah habis masa berlakunya, kemudian mereka mengakses Internet dan ditolak oleh hotspot, maka pengguna tersebut akan dialihkan ke halaman informasi dan pemblokiran, di mana pada halaman informasi tersebut akan ada berupa pemberitahuan yang menginformasikan bahwa paket yang dimiliki akun tersebut telah habis dan memberitahukan bahwa akses internetnya sudah di blokir.

Selain itu halaman informasi tersebut dapat juga berisi informasi daftar distributor atau link-link portal yang dapat digunakan sebagai tempat mereka untuk mengisi ulang atau membeli voucher.

Persiapan:
Membuat Halaman Informasi dan Pemblokiran atau Download disini



Cek dan pastikan Interface yang digunakan untuk mengakses Hotspot, pada contoh berikut ini Ethernet-3 adalah Interface yang digunakan untuk akses Hotspot.



Membuat IP Address Baru pada Interface yang sama yaitu pada Ethernt-3.



Sebagai contoh, IP Address yang digunakan Hotspot adalah: 192.168.50.1/24 pada Ethernet-3.



dan untuk IP Address Baru adalah: 192.168.3.1/24, juga masih pada Ethernet-3. IP Address ini, nanti akan dipergunakan untuk User yang sudah Expired.



Langkah selanjutnya membuat Pool untuk IP Address Baru, tentukan range sesuai dengan subnet IP tersebut. Sebagai contoh, IP Address Baru adalah: 192.168.3.1/24, maka range Pool untuk subnet IP tersebut adalah: 192.168.3.2-192.168.3.254 dan jangan lupa untuk memberikan nama IP Pool tersebut (bebas).



Untuk meredirect halaman yang di request oleh User menuju ke halaman informasi dapat dilakukan dengan mengaktifkan "Web Proxy". Jadi saat pengguna yang akunnya telah habis masa berlakunya, kemudian mereka mengakses Internet dan ditolak oleh hotspot, maka pengguna tersebut akan dialihkan ke halaman informasi.

Untuk mengaktifkan Web Proxy, Cek list "Enabled" pada "Web Proxy Settings", kemudian isi Port dengan nomor port standart atau no port lainnya sesuai kebutuhan.



Masih di "Web Proxy Settings", silahkan masuk pada "Web Proxy Access", kemudian buat 2 buah rule (aturan). Dimana rule (aturan) pertama akan mengijinkan IP address utama hotspot yaitu: 192.168.50.1 untuk di akses dan untuk rule (aturan) kedua, berlaku dimana jika yang melakukan request adalah IP: 192.168.3.0/24 maka akan di block (deny), lalu system akan mengarahkan pengguna tersebut untuk mengakses halaman 192.168.50.1/Blocked.html.



Pada rule (aturan) pertama, isi Dst. Address dengan "192.168.50.1" sedangkan Dst. Port isi dengan "80" dan untuk "Acion" isi dengan "Allow".



Pada rule (aturan) yang kedua, isi "Scr. Address" dengan 192.168.3.0/24, kemudian Action: (deny) dan Redirect To: 192.168.50.1/Blocked.html.



Langkah terakhir adalah membuat Profile Baru, untuk managemen dengan menggunakan Utility Winbox atau WebFig, dapat dilakukan dengan cara membuat "User Profile" baru. Profile ini nanti akan dipergunakan oleh Pengguna yang sudah kadaluarsa.

Buatlah User Profile baru, untuk Name: bebas (contoh: E-xpired), untuk Address Pool: isi dengan IP Pool baru yang sudah dibuat sebelumnya.



Untuk menggunakan "User Profile" baru tersebut, Admin harus mensortir semua Pengguna dan harus mengetahui siapa saja Pengguna yang akunnya telah habis (kadaluarsa), kemudian mengganti satu persatu "User Profile" yang mereka gunakan. Dengan cara seperti itu mungkin kurang efisien, karena akan menyita waktu dan menambah pekerjaan lebih untuk mengerjakannya.

Berbeda halnya manajemen dengan menggunakan Radius Server, Billing/ Radius User Manager (Userman). Dengan menggunakan Radius User Manager (Userman), setiap Pengguna dapat memiliki lebih dari satu Profile, dimana ketika Profile utama Aktif, Profile lainnya berstatus Waiting, jadi pada saat Profile utama sudah habis (kadaluarsa), otomatis akan digantikan dengan Profile lain, yaitu Profile yang berstatus waiting menjadi aktif.

Sebelum menggunakan fitur tersebut, buatlah "Profile" baru dengan Name: bebas (contoh: Expired), isi "IP Pool:" dengan IP Pool baru yang sudah dibuat sebelumnya dalam Winbox, untuk mengisi IP Pool disini cukup dengan mengetik "Nama IP Pool" secara manual (contoh: Expired).



berikut ini contoh User dengan menggunakan 2 buah Profile,
1. PAKET HARIAN, status: Aktif
2. E-xpired, status Waiting



Contoh Halaman Informasi dan Pemblokiran yang diakses dari PC.



Jika masih belum berhasil, silahkan buat Nat untuk mengalihkan Browsing ke Web Proxy:

/ip firewall nat
add action=redirect chain=dstnat comment="Direct Expired user" dst-port=80 protocol=tcp src-address=192.168.3.0/24 to-ports=8080


Lihat juga Cara Sederhana Menampilkan Notifikasi User Expired Hotspot Mikrotik.




0 komentar:

Post a Comment



Catatan :

Untuk menyisipkan gambar kedalam komentar, gunakan tag : [img]URL_Gambar[/img]
atau <i rel="image">URL_Gambar</i>
Untuk Video Youtube : [youtube]URL_Video[/youtube]
atau <i rel="youtube">URL_Video</i>
Untuk "Kutipan", gunakan : [blockquote]Kutipan_Anda[/blockquote]
atau <b rel="quote">Kutipan_Anda</b>
Untuk menyisipkan Kode: [code]KODE[/code]
atau <i rel="code">KODE</i>
atau <i rel="pre">KODE</i>
Dan untuk menyisipkan smiles/ emoticon, lihat kode Emoticon







 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan