Konsep Gila Meningkatkan Trafik Blog | Buku Catatan si Ugi

Salah satu Side Jobs atau kerja sampingan yang prospeknya masih terbilang cukup cerah salah satunya adalah bisnis Online. Ada banyak peluang yang dapat digali dari bisnis tersebut, baik usaha yang bermodal, maupun yang tanpa membutuhkan modal sama sekali, seperti misalnya menjadi Dropshiping, youtuber, atau jika anda hoby menulis, anda dapat menjadi seorang penulis lepas atau mulai membuat sebuah website atau blog yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menuangkan inpirasi dalam bentuk tulisan.

Lantas dari mana kita akan mendapatkan uang jika kerjaan kita hanya penulis artikel, lalu siapa yang akan membayar?

Menjadi Publisher! Menjadi penayang Iklan! Mungkin itu adalah salah satu cara termudah yang bisa dijadikan sebagai satu pilihan, sebagai suatu lahan yang dapat menghasilkan pundi pundi Dollar jika anda benar benar menekuninya. Ada banyak penyedia layanan Iklan bertebaran di Internet, seperti salah satunya Iklan Adsense, yaitu sebuah program dari Google untuk menayangkan Iklan. dimana jika anda hobi menulis seperti membuat Artikel, Puisi, Tutorial dan lain sebagainya, anda dapat memulai untuk membuat sebuah Website atau Blog dan menyisipkan Iklan Adsense didalamnnya. Salah satu peluang untuk menjadi Publisher sukses adalah tingginya trafik atau lalulintas pengguna pada website atau blog tersebut. Karena pengguna dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur sebuah website memiliki Kredibilitas yang tinggi dan akan lebih banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan.



Berikut ini ada satu konsep gila yang mungkin dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan trafik sebuah website atau blog. Konsep ini mungkin cocok bagi pengguna internet dengan quota maupun bandwidth yang mereka miliki cukup melimpah. Atau setidaknya mereka mempunyai sedikit bandwidth cadangan yang tidak terpakai. Dari pada bandwidth yang mereka punya nganggur, lebih baik dipergunakan untuk membangun sebuah jaringan. Jaringan Hotspot, dimana bagi pengguna yang ingin menikmati layanan tersebut, mereka setidaknya harus menyisihkan dana sebagai ganti perawatan server maupun sebagai ganti dari dana yang sudah kita gunakan untuk menyewa provider yang kita gunakan. Syukur syukur bisa dijadikan sebagai Side Job atau usaha kecil kecilan yang dapat menjadikan suatu penghasilan.

Kembali lagi pada konsep untuk meningkatkan trafik blog, dimana saya menggunakan atau memanfaatkan bandwidth Internet yang banyak tersisa, saya gunakan untuk membuat sebuah jaringan Hotspot.

Lantas apa hubungannya Hotspot dengan trafik Blog? Penasaran? Ceck this out!

Sebagai langkah awal saya mencoba membangun sebuah jaringan Hotspot kecil kecilan. Dengan bermodal sebuah layanan Internet dari salah satu ISP terkemuka di Indonesia dan sebut saja Indihome. Dengan modal Layanan tersebut saya merasa bahwa bandwidth yang saya dapatkan dari Provider ISP tersebut cukup lumayan melimpah, padahal saya sudah mencoba melakukan tethering dimana saya sekeluarga sudah dapat menikmati layanan ISP tersebut, Istri, anak, kakak, adik, bapake, mboke, ampe kakek dan nenek puas dengan layanan ISP tersebut, tapi bandwidth, masih saja tersisa.

Saya berpikir kenapa tidak saya pergunakan untuk membuat sebuah jaringan Hotspot, dan nanti, layanan hotspot ini saya berikan kepada pengguna dengan cuma cuma atau gratisan. Garisan disini bukan karena saya merupakan seorang yang baik hati atau berjiwa sosial, disinilah peran saya sebagai pemilik dan sebagai administrator. Disini saya mulai membuat sebuah strategi, dimana saat saya memberikan pasilitas gratisan tersebut, tentu saja harus ada sesuatu yang saya dapatkan.

Jadi saat pengguna menggunakan pasilitas gratis ini, pengguna akan diberikan beberapa persyaratan untuk dapat menikmati pasilitas tersebut, konsekuensinya mereka harus mengikuti aturan yang saya buat jika mereka ingin mengakses dan menikmati layanan hotspot gratis yang saya buat. Metodenya seperti berikut ini,

Metode 1:
Memberi layanan hotspot gratisan selama 5 menit setiap 1 jam, dimana setiap durasi 2 menit saya sisipkan iklan pribadi (bukan iklan Adsense) berupa link yang mengarah ke halaman Blog.



Apakah mungkin pengguna masuk pada iklan pribadi yang sudah saya buat? sekarang mayarakat sudah pandai, mereka sudah malas melihat iklan, mereka memasang bermacam macam aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan iklan, seperti misalnya Adblock.

Untuk metode ini saya hanya mengandalkan I hoping be lucky, mudah mudahan siapapun yang mengakses layanan hotspot gratisan ini adalah perangkat yang tidak memiliki anti iklan, baik PC maupun Handphone.

Tapi jika pengguna pinter admin pun harus pandai, setidaknya sedia payung sebelum hujan. Jadi sebelumnya admin harus menyisipkan pesan berupa perintah untuk me nonaktifkan anti iklan, dalam kasus ini anda dapat membuat berupa script pendek untuk membuat pesan tersebut yang dapat dicari di internet.



Metode 2:
Memberikan layanan 5 menit gratis setiap 1 hari 1 kali, tetapi dalam 1 hari tersebut pengguna dapat menggunakan beberapa kali jika mempunyai kode Unik.



Kode unik disini dapat berupa Username dan Password yang dapat digunakan untuk login Hotspot. Kode Unik dapat disisipkan pada beberapa artikel dalam blog. Jadi bagi pengguna yang menginginkan Kode Unik tersebut, harus mencarinya sendiri dalam beberapa artikel di blog saya.

Disini secara setengah memaksa, bagi pengguna yang menginginkan layanan gratis ini harus menemukan kode unik tersebut, yang sebelumnya sudah disiapkan dalam beberapa artikel oleh admin. Atau pengguna dapat diberikan berupa Link Download, untuk mendownload Kode Unik tersebut yang harus mereka cari sendiri di beberapa Artikel terpilih.

Agar pengguna dapat berselancar bebas di blog yang sudah di targetkan dan tanpa harus melalui Autentikasi Login, dapat dilakukan dengan cara membypass blog tersebut, baik menggunakan Walled Garden, Walled Garden IP List dan sebagainya. Jadi saat pengguna membutuhkan kode unik yang dapat mereka gunakan untuk akses Internet gratis, mereka dapat langsung mencarinya dalam blog.

Metode 3:
Share artikel di Media Sosial (contoh Facebook) , Sudah tidak bisa dipungkiri, media sosial merupakan salah satu sarana dan media yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk saling terhubung dan salah satu kelebihannya dapat digunakan sebagai sarana untuk Promosi.



Dengan cara ini administrator mewajibkan bagi pengguna yang ingin menikmati layanan Internet Gratis, dapat dengan cara Share Artikel ke teman via Sosial Media sebelumnya. Sebagai contoh:
" Share 10 artikel berbeda ke 10 teman yang berbeda, dapatkan 5 menit Gratis Wifi Hotspot"


Selain itu, admin dapat juga menerapkan syarat syarat (TOS) lainnya untuk metode ini, Karena Sosial media merupakan media tempat berinteraksi antar manusia seluruh dunia dengan latar belakang, suku, dan ras yang berbeda beda. Dikhawatirkan akan sangat sensitif.

Contoh TOS:
1. Share artikel tidak boleh sering sering, minimal 2 jam sekali. (menghindari agar tidak dianggap spam)
2. Setiap selesai kirim 10 artikel ke 10 teman, pengguna wajib konfirmasi.
3. Gratisan dapat di akumulasi,

Disini admin dapat kontak langsung dengan pengguna, dimana setelah pengguna berhasil share artikel, pengguna dapat menghubungi admin. Sebagai cross check admin dapat melihat bukti share di notifikasi sosial media yang digunakan.




0 komentar:

Post a Comment



Catatan :

Untuk menyisipkan gambar kedalam komentar, gunakan tag : [img]URL_Gambar[/img]
atau <i rel="image">URL_Gambar</i>
Untuk Video Youtube : [youtube]URL_Video[/youtube]
atau <i rel="youtube">URL_Video</i>
Untuk "Kutipan", gunakan : [blockquote]Kutipan_Anda[/blockquote]
atau <b rel="quote">Kutipan_Anda</b>
Untuk menyisipkan Kode: [code]KODE[/code]
atau <i rel="code">KODE</i>
atau <i rel="pre">KODE</i>
Dan untuk menyisipkan smiles/ emoticon, lihat kode Emoticon







 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan