Remote Play PS3 Menggunakan PC | Buku Catatan si Ugi

Salah satu fitur PS3 yang menarik yang mungkin perlu di coba adalah "Remote Play". Remote Play PS3 memungkinkan kamu mengakses konten PS3 melalui PC dari jarak jauh. Seperti halnya "Remote Desktop Connection" pada Komputer, yang memungkinkan kamu dapat mengakses Komputer lain dari jarak jauh melalui Internet maupun Jaringan Lokal.

Remote Play PS3 Menggunakan PC

Pada awalnya "Remote Play PS3" ini hanya dapat digunakan dengan PSP dan kemudian di perluas hingga mampu bekerja pada Ponsel Sony Ericsson tertentu dan Laptop Sony Vaio, info lebih lanjut lihat disini

Fitur Sistem PS3 ™ utama yang dapat digunakan melalui Remote Play PS3 ini mungkin masih terbatas, bervariasi tergantung pada jenis perangkat yang digunakan. Berbeda halnya dengan "Remote Desktop Connection" antara Komputer dengan Komputer lain, yang dapat memiliki hak akses penuh dan bahkan bertindak sebagai Administrator.

Untuk menggunakan fitur "Remote Play PS3" dengan PC, pastikan kedua perangkat sudah terhubung dengan jaringan, baik menggunakan jaringan kabel maupun nirkabel. Sedangkan untuk mengakses Remote Play PS3 dari jarak jauh melalui jaringan Internet, ini mungkin akan membutuhkan sebuah akun PSN, selain itu melakukan Port Forwarding (Port 9293 yang biasa digunakan untuk Remote Play) pada router dan membukanya di Firewall.

Remote Play PS3 ini sudah berhasil diimplementasikan pada PS3 CFW 4.81 Cobra, dengan webMAN sebagai Game Manager dan PC dengan OS Windows 8.1 Enterprise 64 bit.

Persiapan:
1. PC/ Laptop
2. Remote Play Software - Remote Play + Patch.
4. PS3

Instalasi Remote Play Software

1. Download dan Extract Remote Play + Patch. Berkas tersebut terdiri dari tiga buah file, 1 file software EP0000248680.exe, 2 file patch rmp_dll.Dll dan rmp_launcher.EXE.



2. Install Remote Play Software (EP0000248680.exe) seperti biasa dengan cara klik kanan "Run as administrator", tentukan path misalnya: C:\Program File (x86)\Sony\Remote Play with PlayStation 3\



3. Copy kedua patch, rmp_dll.DLL dan rmp_launcher.EXE, kemudian simpan kedalam folder dimana "Remote Play Software" terinstal: C:\Program File (x86)\Sony\Remote Play with PlayStation 3\paste_patch_disini.



4. Instalasi Remote Play selesai, untuk menjalankan Remote Play di PC, yaitu melalui rmp_launcher.EXE dengan cara klik kanan "RUN as administrator".




Konfigurasi Remote Play di PC dan Konsol

Sebelum menjalankan Remote Play (meremote Konsol PS3 di PC/ menjalankan PS3 di Komputer), perangkat Komputer dan Konsol PS3 harus dalam keadaan hidup dan sudah terkoneksi pada jaringan yang sama, karena disini saya akan meremote PS3 dengan PC melalui jaringan Lokal (LAN).

Jalankan Remote Play di PC, untuk dapat meremote PS3 dari PC, pastikan PC sudah terdaftar pada Konsol, klik "Next" untuk melanjutkan.



Set Nickname/ Nama perangkat Komputer (bebas) yang akan digunakan untuk register ke PS3, Nickname ini akan ditampilkan dalam daftar perangkat yang terdaftar di konsol PS3. klik "Next" untuk melanjutkan.



Masukan 8-digit nomor yang di tampilkan di layar konsol PS3. Untuk itu saya akan skip dahulu pada step ini dan kita beralih ke konsol PS3.



Hidupkan PS3. Dari XMB, pilih tab "Settings" kemudian masuk pada "Remote Play Settings".



Pilih "Register Device".



Pilih "PC" sebagai perangkat yang akan digunakan untuk meremote.



Inilah 8-digit Nomor yang akan digunakan oleh PC saat melakukan Registrasi Perangkat untuk melakukan Remote Play. Masukkan nomor tersebut pada perangkat komputer saat diminta untuk memasukan Nomor yang tertera pada layar konsol PS3.



Setelah mendapatkan 8-digit nomor yang tertera pada layar konsol PS3, maka sekarang kita kembali lagi ke Komputer untuk melanjutkan pada step memasukan 8-digit nomor tersebut, lihat contoh berikut ini dan untuk melanjutkan klik "Next"



Tunggu beberapa saat,



Hingga kita dapat melihat "Regristrasi Complited" di Konsol PS3.



Maka sekarang kita dapat melanjutkan tahap berikutnya, yaitu mengoneksikan PC dengan Konsol, Klik "Connect" untuk melanjutkan.



Silahkan tunggu, dan pastikan Konsol PS3 sudah standby untuk di remote. Agar PS3 masuk mode standby dan siap untuk di remote, silahkan kembali pada PS3.



Pada XMB di PS3, pilih tab "Networks" kemudian pilih "Remote Play".



Jika di layar PS3 sudah menampilkan "Remote Play in Progress". Maka Remote Play sudah berhasil dan silahkan kembali ke PC.



Dan inilah tampilan Komputer saat meremote PS3 dari Jaringan Lokal.



Menakjubkan!!! sungguh luar biasa, saat duduk didepan komputer kemudian menjalankan Remote Play PS3 dengan mode full screen, seolah olah saya berada didepan Konsol PS3 saya. Memanage Game, mendengarkan Musik, Nonton Video dan masih banyak fitur System PS3 yang dapat digunakan, tapi sangat disayangkan, saya belum berhasil memainkan Game melalui Remote Play.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa tidak semua Fitur System PS3 dapat digunakan melalui Remote Play, bervariasi tergantung pada jenis perangkat yang digunakan. Saya pribadi belum 100% dapat menglola semua fitur system PS3 ini, seperti misalnya untuk memainkan Game melalui Remote Play. Semoga bermanfaat!




1 komentar:



Catatan :

Untuk menyisipkan gambar kedalam komentar, gunakan tag : [img]URL_Gambar[/img]
atau <i rel="image">URL_Gambar</i>
Untuk Video Youtube : [youtube]URL_Video[/youtube]
atau <i rel="youtube">URL_Video</i>
Untuk "Kutipan", gunakan : [blockquote]Kutipan_Anda[/blockquote]
atau <b rel="quote">Kutipan_Anda</b>
Untuk menyisipkan Kode: [code]KODE[/code]
atau <i rel="code">KODE</i>
atau <i rel="pre">KODE</i>
Dan untuk menyisipkan smiles/ emoticon, lihat kode Emoticon







 

Anda sudah mengaktifkan penyaringan konten ( AdBlocker di Aktifkan )

Mohon maaf untuk sementara Anda tidak dapat melihat halaman ini, silahkan kembali lagi setelah Anda menonaktifkan filter yang Anda gunakan. Abaikan